PERKEMBANGAN ILMU INFORMATIKA

 ILMU INFORMATIKA
Beberapa tahun terakhir ini telah terjadi perubahan dalam masyarakat, dari era pertanian menjadi era industri dan yang terakhir era informasi. Pada era pertanian, hampir seluruh masyarakat bermata pencaharian dengan bertani, di mana manusia sangat bergantung kepada alam. Pada era industri, manusia berusaha untuk tidak bergantung kepada alam, sehingga lahirlah mesin-mesin yang merupakan ciri era industri. Kemudian Era Informasi, di mana era ini yang namanya informasi adalah hal yang berharga. Kemajuan di bidang Informasi sangatlah cepat, sehingga mendukung adanya globalisasi. Informasi dengan cepat berkembang dan bermakna disebarkan ke segala penjuru.
Perkembangan teknologi di bidang hardware komputer yang mendukung perkembangan globalisasi informasi. Dari komputer yang tadinya merupakan barang langka yang hanya dimiliki segelintir orang, menjadi komputer yang semakin hari menjadi barang yang tidak langka lagi bisa dimiliki hampir kalangan masyarakat dan hampir semua lowongan kerja di bidang apapun sudah menyaratkan penguasaan akan komputer.
Pada era globalisasi saat ini informasi mengalami perkembangan pesat dan telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya menguasai aspek-aspek materi dari teknologi informasi, melainkan juga mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi di berbagai bidang.
Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.
Berdasarkan hal di atas , program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.
Dan sekarang pada era Informasi, hampir seluruh Alumni Teknik Informatika tidak ada yang menganggur, dan telah tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai profesi bahkan mencakup hampir seluruh bidang profesi yang ada, seperti Dosen, staf IT, wiraswasta, dan lainnya. Peluang Alumni Teknik Informatika sangatlah besar karena semua bidang profesi membutuhkan bidang IT.

B.  OPINI TERHADAP KEBUTUHAN SDM  INFORMATIK DI INDONESIA
Kebutuhan SDM Informatika di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena sebelum era Informasi beberapa perusahaan dan lembaga pemerintah belum terlalu mengenal bagaimana penting dan berharganya sebuah informasi.
Pada bidang industri dulu semuanya menggunakan tenaga manusia, di mana manusia mengerjakan sendiri dalam menghasilkan suatu produk, manusia yang memasukan bahan, manusia yang mengepak barang, manusia yang menaikkan barang ke truk, dan sebagainya. Sekarang perkembangan di bidang industri sangat pesat dimana semua macam-macam pekerjaan yang dilakukan oleh manusia digantikan dengan otomatisasi komputer. Sistem komputer ini menggantikan pekerjaan manusia, dan terdapat efisiensi waktu pengerjaan dalam memproduksi produk yang tidak terdapat pada manusia. Sehingga di sinilah peranan para Teknik Informatika, yang membuat sistem yang dapat menghubungkan Industri dan masyarakat.
Kemudian pada bidang kedokteran juga merupakan cakupan bidang informatika. Seperti contoh sebuah rumah sakit, sebuah rumah sakit membutuh sistem informasi yang jelas, karena dengan adanya sistem informasi yang maka seluruh urusan admnistrasi rumah sakit dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat sehingga dapat melayani masyarakat dengan maksimal. Dengan lebih berkembangan teknologi bahkan sekarang dokter sudah bisa mendiagnosa dan memantau pasiennya dari rumah ataupun tempat lainnya. Para suster bisa memberitahukan kepada pasien bahwa sekarang waktu untuk meminum obat dari rumah dan tempat lainnya. Dan beberapa teknologi kedokteran yang hanya bisa dioperasikan para teknik informatika.
Jadi, kebutuhan SDM Informatika di Indonesia sangatlah penting, karena hampir seluruh bidang bisa dimasuki oleh Informatika sehingga kebutuhan SDM Informatika di Indonesia cukuplah besar untuk mencakup semua bidang lainnya.

C.  FAKTA PERKEMBANGAN ILMU INFORMATIKA DI INDONESIA
Istilah “telematika” pertama kali digunakan oleh Simon Nora dan Alain Minc di tahun 1978 dalam laporan mereka yang berjudul L’Informatisation de la société. Istilah telematika berasal dari bahasa Perancis, yaitu télématique–yang merupakan penggabungan dari dua buah kata, yaitutélécommunications (telekomunikasi) dan l’informatique (informatika).

Laporan yang dibuat oleh Simon Nora dan Alain Minc merupakan mandat dari presiden Perancis Valéry Giscard d’Estaing di tahun 1976 yang khawatir bahwa “aplikasi-aplikasi komputer telah dikembangkan sedemikian rupa, sehingga—sebagai akibatnya–organisasi sosial dan ekonomi masyarakat kita dan kehidupan kita akan mengalami perubahan”. Perkembangan ini memiliki alasan utama dalam proses pengembangan mikroprosesor di tahun 1971 dan ketersediaan komputer yang lebih murah dan lebih kecil untuk menggantikan mainframe dan minicomputer yang sebelumnya digunakan. Mainframe membuat ruangan menjadi penuh, boros energi dan menghabiskan jutaan Euro.

Minicomputer, walaupun lebih kecil dan lebih murah, tetapi berbeda dengan personal computer atau PC. Saat itu, komputer masih sangat mahal dan hanya organisasi besar yang dapat menggunakan komputer. Pada saat itu pula, komputer tidak terhubung dengan yang lainnya dan biasanya para pengguna komputer bersaing menggunakan waktu komputasi yang tersedia. Ketika pendistribusian komputer meningkat secara geografis, kebutuhan akan pertukaran data tumbuh dan teknologi telekomunikasi digunakan untuk menghubungkan komputer yang ada. Hal ini dapat dikatakan sebagai kelahiran telematika.

Dalam laporan mereka, Simon Nora dan Alain Minc membandingkan prospek telematika dengan listrik, “Saat ini, pengguna listrik dapat langsung memperoleh daya listrik yang dibutuhkan tanpa perlu khawatir mengenai asalnya atau berapa biayanya. Ada banyak alasan untuk optimis bahwa hal serupa akan terjadi juga pada masa depan telematika”. Kehidupan zaman sekarang banyak menggunakan aplikasi telematika, diantarana pengambilan uang melalui ATM atau pemesanan hotel dan penerbangan secara elektronik. Aplikasi telematika yang paling banyak digunakan adalah internet. Seperti listrik, saat ini internet adalah hal yang biasa dan di berbagai perusahaan. Ketersediaan koneksi internet sama pentingnya dengan ketersediaan daya listrik.

Perkembangan terakhir teknologi komputer dan telekomunikasi berdampak sama pentingnya dengan perkembangan di era 1970-an bagi masyarakat dan perekonomian seiring dengan meningkatnya ketersediaan PC. Komputer menjadi jauh lebih kecil dan hemat energi, perangkat komputasi menjadi komputer mobile dan komputer saku bisa menemani kita di manapun kita berada. Teknologi telekomunikasi dapat tertanam (embedded) dalam perangkat mobile yang memungkinkan telekomunikasi nirkabel (wireless telecommunication) dengan perangkat mobile lainnya. Perkembangan teknologi ini mengarah ke bidang baru dari aplikasi telematika yang dikenal dengan istilah mobile computing, ubiquitous computing, atau pervasive computing.

D.  FAKTA KEBUTUHAN SDM INFORMATIKA DI INDONESIA
Berdasarkan hasil pertemuan jurusan teknik informatika dengan pihak industri sebagai pemakai tenaga lulusan Informatika manapun, serta hasil survey yang dilakukan oleh beberapa kelompok, maka diperoleh informasi tentang kebutuhan SDM oleh industri.

Pihak industri yang menjadi bahasan adalah industri yang berkaitan dengan kegiatan pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak, yang dapat dikelompokkan atas jenis sebagai berikut :
Industri jasa, yang produk utamanya bersifat “soft” dalam hal ini dibedakan menjadi industri jasa sebagai berikut :
SW developer, menyediakan jasa berupa pengembangan perangkat lunak. Biasanya ini menyangkut perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak mulai dari scracth (sesuai pesanan) atau yang menyediakan jasa pengubahan perangkat lunak tertentu supaya dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan (tailoring, customization). Industri ini membutuhkan SDM yang berlatar belakang informatika.
Industri jasa yang memanfaatkan perangkat lunak. Contohnya adalah PT.Telkom yang produknya berupa jasa telekomunikasi berbantuan komputer (perangkat lunak menjadi bagian dari jasa tersebut).

Industri manufaktur, yaitu yang lebih menyangkut “hardware”
Industri hardware yang memproduksi perangkat keras komputer dan periperalnya. Industri ini harus didukung oleh SDM di bidang perangkat keras dan elektronika. Contoh nyata dari industri ini adalah produktor dan perakit komputer. Contoh lain adalah PT.Inti, industri manufaktur yang produknya berupa peralatan telekomunikasi (mencakup perangkat keras dan perangkat lunak)
Industri pemroduksi “barang” yang dalam proses produksinya membutuhkan perangkat lunak. Contoh : industri manufaktur yang memakai robot atau perangkat lunak untuk optimasi penjadwalan produksi.

Sumber daya Manusia yang bekerja dalam dunia industri saat ini mempunyai karakteristik sebagai berikut :
Latar belakang pendidikan non-Informatika/Komputer
Jenjang Pendidikan Sarjana ke bawah
Belum ada pengelompokan untuk : ketrampilan, keahlian dan spesialisasi yang terdefinisi dengan jelas.
Untuk tingkatan tertentu, dituntut untuk dapat mengetahui strategi bisnis, agar inovatif dalam menciptakan produk-produk baru

Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat disimpulkan juga bahwa sudah saatnya dilakukan Sertifikasi Sumber daya Manusia dalam bidang Rekayasa perangkat Lunak – sesuai dengan standar Internasional yang berlaku. Untuk itu, dalam rangka mendukung kebutuhan sertifikasi Sumber Daya Manusia di Indonesia, disusun suatu usulan tingkatan keahlian Sumber Daya Manusia Informatika dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak sebagai berikut :
Programmer
Programmer Analyst
Software Tester
Data Base Engineer
Data Communication Engineer

 
 

Dari gambar 1. Terdapat preview situs www.id.jobsdb.com , dari data tersebut terdapat 2940 Lowongan pekerjaan untuk Teknologi informatika. Dapat disimpulkan bahwa fakta SDM Informatika cukup besar di Indonesia.
 
E.   KEBERADAAN PROGRAM STUDI DISPLIN COMPUTING DI IT TELKOM
Teknik Informatika
Teknik Informatika merupakan kumpulan disilpin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalahn transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses – proses logika.
Teknik Elektro
Mempelajari teknologi perancangan suatu sistem maupun sub sistem menggunakan piranti elektromas sehingga bermanfaat untuk membantu pekerjaan yang sulit dilakukan manusia.
Teknik Telekomunikasi
Teknik penyampaian informasi dari suatu tempat
Ilmu komputasi
Ilmu Komputasi dalam Perkembangan Sains Modern juga digunakan dalam membuat sebuah prototipe.
Sistem Informasi
Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.
Sistem Komputer
jurusan yang mempelajarai rangkaian jaringan yang membentuk sistem dan bekerja untuk menjalankan komputer

Kemudian Jika Fakultas Informatika akan membuka program studi baru di IT Telkom, menurut saya yang paling tepat adalah  program studi Teknik Perangkat Lunak karena Software engineering disini penting karena memiliki banyak elemen yang dapat dipelajari, yaitu: database, software, hardware, networking, dan analisa . Diantara semua elemen itu saling berkaitan, misal kita tidak bisa melakukan apa-apa jika tidak tahu tentang ilmu hardware. Pembuatan software juga harus tau apa itu database, serta bagaimana penggunaannya. Contoh jika kita membuat suatu web dinamis, kita pasti perlu mengetahui ilmu tentang database, bagaimana agar data bisa terproses dengan baik dan tidak ada redudansi data atau masalah lainnya. Software engineering juga mempelajari tentang networking, bagaimana agar software yang kita buat bisa diterima di masyarakat.
Penerapan prinsip engineering ini diharapkan menghasilkan software yang bisa bekerja secara efisien, serta lulusan diharapkan bisa melakukan perancangan,

F. DAFTAR PUSTAKA

http://www.telematique.eu/
http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika
http://bolmerhutasoit.wordpress.com/2011/10/19/sejarah-perkembangan-teknologi-informatika/
Eko Indrajit, Richardus.1998. Evolusi Perkembangan Teknologi Informasi.http://www.academia.edu/911940/Evolusi_Perkembangan_Teknologi_Informasi  (diakses 21 september )
Indrawanto, Andik 2011.Peranan Sumber Daya Manusia Bidang Informatika dalam Era Globalisasi dan Industri. http://kidna85.wordpress.com/. (diakses 21 September)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s